Menyikapi Penting Atau Tidaknya Susu Untuk Pertumbuhan Ayam




Manfaat Susu Bubuk Untuk Ayam Bangkok


Susu merupakan sumber nutrisi yang baik untuk semua orang. Susu segar punya berbagai nutrisi penting. Di antaranya protein, kalsium, fosfor, vitamin A, dan vitamin D. Menurut ilmuwan nutrisi Matthew Lantz Blaylock, susu merupakan nature’s perfect food. Setiap harinya kita dianjurkan untuk minum susu 2-3 gelas setiap harinya. “Ada banyak manfaat bagi orang yang suka minum susu. Seperti kesehatan tulang, gigi, mencegah diabetes, mengendalikan tekanan darah, menjaga berat badan, dan anti kanker,” kata Matthew.

 

Apakah kalian pernah menggunkan susu untuk ayam aduan anda ??

Ada perdebatan para botoh tentang penggunaan susu sebagai asupan untuk ayam adu. Sebagian botoh meykini bahwa susu dapat mempercepat pertumbuhan dan sebagian yang lain berpendapat bahwa susu tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan karna ayam bukan hewan mamalia.

 Baca juga artikel : 

Manfaat Buah Jambe Untuk Ayam Aduan

Manfaat nasi untuk anak ayam bangkok

5 Manfaat Ajaib Bawang Putih Untuk Ayam Laga

Cara Menyetel Jalu Yang Aman

Ayam Plucker : Mengenal Sejarah, Asal Usul, dan Ciri - Ciri Ayam Plucker


Penghobi ayam laga yang membantah tentang manfaat susu beranggapan bahwa :

ada satu zat di dalam susu yang sepertinya kurang cocok untuk unggas yaitu zat laktosa. Laktosa adalah bentuk disakarida dari karbohidrat yang harus dipecah menjadi bentuk lebih sederhana yaitu galaktosa dan glukosa agar dapat dicerna oleh usus ayam. Pemecahan laktosa dilakukan dengan menggunakan enzim laktase dan tanpa dipecah oleh laktase, laktosa tida akan diserap oleh tubuh ayam. Akibatnya laktosa akan terfermentasi (asam) didalam tubuh. Nah, enzim laktase tidak ada pada usus ayam karna hanya dimiliki oleh hewan mamalia dan manusia.

Pada persoalan manusia, jika semakin tua seseorang maka tubuhnya akan semakin sedikit memproduksi enzim laktase. Akibatnya, mereka yang produksi enzim laktasenya sudah berkurang, akan merasa 'sakit perut' dan mencret setelah minum susu karna fermentasi laktosa. Dan ini mungkin juga akan terjadi pada ayam.

 

Sedangkan sebagian botoh yang percaya susu bermanfaat untuk pertumbuhan mengatakan bahwa :

ayam tidak menggunakan enzim laktosa untuk memecah glukosa melainkan dengan enzim amilase dimana disakarida dari karbohidrat akan diubah menjadi monosakarida sehingga tidak ada fermentasi laktosa atau peranan bakteri tidak berperan besar dlm pencernaan ayam yang berbeda dengan mamalia ataupun manusia. Berdasarkan pengamatan secara awam bahwa apa yang dimakan ayam terkadang sama dengan apa yang di keluarkan seperti obat turun urat "rifampicin" yg berwarna merah / coklat tua maka kotoran ayam pun mengikuti warna obat tersebut atau juga batu2an kecil yg biasa dimakan oleh  ayam. 

 

Menyikapi dua pendapat tersebut, penulis memahami bahwa pendapat yang diungkapkan tersebut perlu dibuktikan secara  dengan melakukan eksperimen nyata. Eksperimen pun harus dilakukan bukan hanya satu atau dua sample, karna dalam satu tetasan pun ayam memiliki perbedaan dalam pertumbuhannya (Sebagai penulis artikel ini saya meminta maaf karna belum bisa memberikan hasil eksperimen karna saat menulis ini, saya sedang berhenti berternak ayam). Tapi saya lebih meyakini bahwa susu dapat berguna untuk pertumbuhan ayam… asalkan dalam pemberianya susu diberikan sebagai suplemen atau pakan tambahan. Cara pemberian susu bisa diberikan sebagai tambahan pakan basah  ( nasi hangat yang dicampur voer ) dan tidak perlu banyak mencapurnya. Pemberian susu baik diberikan pada usia 1 - 7 bulan saat ayam mengalami masa pertumbuhan.

Demikianlah ulasan tentang "manfaat susu untuk ayam aduan". Semoga apa yang ditulis pada blog ini dapat berguna sebagai pertimbangan para penghobi sekalian untuk menggunakan susu sebagai asupan untuk ayam bangkok atau tidak.

 

Thanks For Reading, Salam Satu Hobi !!!

 

Post a Comment

0 Comments