Manfaat Buah Jambe Untuk Ayam Aduan


buah pinang untuk cacingan


Manfaat Buah Jambe Untuk Ayam Bangkok

Penyakit cacingan memang sangat menganggu bagi kesehatan ayam kesayangan kita. Ayam yang terserang cacingan akan menjadi kurus dan tidak bertenaga atau lemas. Khusunya untuk ayam yang masih dalam usia belia, ayam akan terhambat pertumbuhnya dan pada kasus yang parah ayam menjadi “kecentet” tidak dapat tumbuh besar(normal). Ciri – ciri ayam yang terserang cacingan penampilanya akan Nampak sangat pucat, lemas dan sayapnya turun seperti memakai jubah. Gejala penyakit cacingan akan jelas terlihat dalam dua minggu sejak terjadinya infeksi, dan ini lebih banyak disebabkan oleh larva cacing menembus dan merusak mukosa usus.  Infeksi ini dapat menurunkan daya tahan pada tubuh ayam sehingga si ayam akan  mudah terserang penyakit lain yang pada akhirnya  dapat menyebabkan kematian. (Naipospos, TSP. 2007)

 Baca Juga Artikel : 

Manfaat Voer Babi Untuk Ayam Aduan

Cara Merawat Ayam Aduan Birma

Manfaat gabah untuk ayam bangkok aduan

Manfaat berburu cicak bagi penghobi dan ayam laga kesayanganya

Manfaat Maggot BSF Untuk Peternak Hewan


Mengobati Cacingan dengan Buah Pinang ( Jambe)

Penyakit cacingan dapat terjadi lebih banyak pada ayam yang sehari – harinya di biarkan bebas berkeliaran( diumbar).  Ayam yang di umbar tersebut akan terifeksi cacing dengan memakan telurnya yang ada di perkarangan saat si ayam mencari makan. Telur cacing tersebut akhirnya menetas di dalam tubuh ayam dan tumbuh didalam perut ayam. Ayam bangkok memiliki kekebalan yang lebih sedikit dari ayam kampong ( ayam jawa) jadi ayam bangkok yang di umbar akan lebih besar kemungkinan terjangkit cacingan daripada ayam kampong.  Cacingan adalah salah penyakit pada ayam bangkok yang disebabkan oleh parasit yaitu cacing jenis cacing gelang (Ascaradia galli) yang dapat menyebabkan askariasis, sedangkan pada ternak ruminansia seperti cacing hati (fasciola hepatica).

Untuk mengatasi cacingan bisa menggunakan buah yang sudah sering kita dengar sebagai solusinya. Yap, buah pinang, atau juga yang lebih dikenal dengan buah jambe. Umumnya penggunaan buah jambe langsung diberikan pada ayam secara utuh. Namun hal itu juga beresiko untuk ayam karna bisa tersedak dan sulit bernafas hingga menyebabkan kematian.

Oleh karna itu, pada artikel ini saya akan memberikan cara yang lebih aman untuk mengobati cacingan dengan buah jambe kepada ayam kesayangan anda.

Berikut ini adalah langkah – langkah mengobati cacingan dengan buah jambe (pinang) :

1.     Siapkan biji pinang yang sudah kering. Biji tersebut dapat mengobati 2 ekor ayam.

2.     Biji buah pinang kemudian dihaluskan dengan cara diparut atau bisa juga diuleg sampai hancur

3.     Lalu campurkan sedikit air untuk langsung diminumkan kepada ayam

Reaksi kandungan dari biji buah pinang ini tidak lama. Hanya butuh waktu kurang dari 1 jam, Cacing akan keluar dengan sendirinya bersama fases (kotoran) ayam. Usahakan ayam yang diobati dimasukan kekandang dengan alas yang renggang agar saat cacing keluar tidak dimakan kembali oleh ayam tersebut. karna pengobatan ini dilakukan secara tradisional maka efek samping yang terjadi hamper tidak ada atau dengan kata lain aman.

Demikianlah "tips mengobati penyakitcacingan pada ayam aduan" dengan menggunakan buah pinang. Semoga bermanfaat…

 

Sumber : Jawara Bangkok Lampung

 

Thanks for reading !!!

Post a Comment

0 Comments