Manfaat berburu cicak bagi penghobi dan ayam laga kesayanganya


Cicak – tentu kita sering menjumpai salah satu hewan melata yang satu ini. Hewan ini memang biasa hidup dan mencari makan disekitar rumah kita. Sebenarnya keberadaan cicak sedikit menguntungkan karna cicak akan mengurangi serangga dirumah kita, terutama nyamuk. Namun, untuk sebagian besar orang cicak adalah hewan yang menjijikan termasuk saya. Saat artikel ini dibuat, saya mencoba menggumpulkan berbagai informasi tentang hewan ini, termasuk prilakunya. Hewan ini selain merayap didinding untuk mencari nyamuk, ia juga biasa mencari makanan didekat tempat kita meletakkan makanan. Tak jarang kita temui cicak yang terperangkap di dalam teko air, gelas maupun panci yang kita gunakan sehari hari dan bukan tidak mungkin peralatan dapur kita yang lain juga pernah dihinggapi hewan menjijikan ini. Yang juga menjijikan, kebiasaan cicak yang sering membuang kotoran dimana – mana dan terkadang kita (manusia) juga menjadi target untuk membuang kotoranya tanpa kita sadari. Kotoran cicak mengandung bakteri E coli yang akan mengganggu kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itu, cicak adalah salah satu hama yang harus dibasmi atau setidaknya dikendalikan agar tidak merugikan kita sebagai manusia.

Dalam ajaran agama yang saya yakini, Cicak adalah hewan yang dimurkai karna tidak patuh terhadap tuhan dan hewan ini juga dapat menjadi media untuk sihir. Orang – orang yang mau membunuh cicak akan mendapatkan pahala dan akan dihapuskan 7 dosanya. Untuk para botoh yang memiliki keyakinan yang sama, saya menghimbau ikut memburu cicak untuk mendapatkan pahala dan menghapus dosa – dosa sebagai penghobi ayam laga yang terkadang khilaf, hhhe.

khasiat cicak untuk ayam


Manfaat cicak untuk ayam


Setelah kita menjadi pemburu, apakah cicak – cicak yang kita tangkap tersebut segera dibuang saja?? untuk orang biasa mungkin kita akan segera membuangnya, atau bisa juga cicak tersebut kita mandiin, kafanin , sholatin, terakhir baru deh kita kubur. Namun, sebagai botoh apakah itu bermanfaat??? Tidak !!. Sebagai botoh yang bermanfaat kita bisa gunakan cicak ini sebagai obat ataupun asupan yang berguna bagi ayam laga yang kita miliki. Namun apa saja, manfaat yang bisa didapat dari cicak untuk ayam aduan kita. Untuk yang belum mengetahuinya, untuk itulah artikel ini saya buat.

Baca Juga Artikel :

Yuk disimak !!!

Manfaat cicak untuk ayam laga


1.     Obat penyembuh korep alami

Cicak bisa digunakan sebagai obat oral penyembuh kurap atau dalam dunia perayaman juga disebut Korep. Korep adalah penyakit yang termasuk sering dialami oleh ayam karna beberapa faktor . faktor penyebab yang sering terjadi adalah kurang bersih dalam memandikan ayam setelah di tren atau diadu dan tertular oleh ayam lain. Meskipun tidak berbahaya untuk kelangsungan hidup si ayam, namun penyakit korep ini sangat menggangu, membuat ayam tidak nyaman dan menggurangi ketampanan si ayam karna menimbulkan kerontokan bulu. Untuk mengobati penyakit korep menggunakan cicak ini bisa diberikan dengan cara diloloh atau biarkan dia memakanya sendiri. Berikan satu(Besar) atau dua(kecil) per ekor pada malam hari. Jika korepnya cukup parah, Pengobatan korep ini harus dibantu pula dengan obat olesnya, bisa dengan yang sederhana saja seperti minyak rem Dot 3, atau yang lebih mudah lagi diolesi minyak goreng yang diendapkan bersama keprekan bawang putih.


2.    Meningkatkan mental ayam adu

Mengkonsumsi cicak juga dapat membantu ayam meningkatkan mental si ayam tersebut, terlebih jika kita memberi dalam kondisi hidup. Itu akan menumbuhkan sifatnya liarnya. Selain itu juga , kandungan gizi yang ada pada daging cicak seperti protein, asam amino, ceratine, dll. Kandungan tersebut membuat tubuh lebih sehat dan hormon lebih berkembang. Saat kondisi ayam benar- benar prima tentu gairah atau mentalnya juga ikut naik terlebih pada ayam yang  sedang birahi dan cendrung menginginkan kekuasaan daerah, inilah yang membuat ayam menjadi galak dan agresif.

Demikianlah, pembahasan tentang manfaat cicak untuk ayam bangkok aduan kesayangan anda. Meskipun pada pembukaan artikel ini sedikit menyimpang, tetapi mudah – mudahan pada isinya dapat mampu memuaskan  rekan sesama penghobi ayam laga sekalian.


Thanks For Reading… Salam Guyub !!!

Post a Comment

0 Comments