5 Manfaat beras merah untuk ayam Aduan

khasiat Beras Merah Untuk Ayam


Manfaat beras merah untuk ayam adu 

Beras merah – adalah pakan pokok yang biasa digunakan oleh sebagian penghobi ayam laga.  Beras merah memiliki banyak manfaat yang terkandung didalamnnya. Setiap 1,5 cangkir /porsi beras merah dimasak memiliki, kurang dari 110 kalori. Presentasi kandungan beras merah ini membentuk persentase ((livestrong.com, brown rice nutrition facts, diakses 04 februari 2015))

·         Karbohidrat – 85 % (  8% berasal dari protein dan 7% lemak )
·         Serat – 7% ( dari serat dibutuhkan untuk diet 2.000 kalori)
·         Vitamin b – ( sejumlah kecil thiamin, riboflavin, vitamin b-6, folat, dan niacin).  Manfaat vitamin b ini cenderung untuk bekerja bahu-membahu untuk menarik energi dari makanan di makan, selain itu mendukung proses otak dan pembentukan sel darah.
·         Magnesium, fosfor dan kalsium – untuk menjaga kesehatan tulang yang kuat
·         Kalium – untuk keseimbangan cairan dan fungsi jantung

Baca Juga Artikel : 

Manfaat beras merah untuk ayam aduan


1.     Sumber energi ayam adu

Kandungan karbohidrat sebesar 85 % tentu merupakan sumber energi yang cukup besar untuk aktifitas sehari – hari. Kandungan karbohidrat tersebut terkandung protein yang tinggi dari pada lemaknya, tentu ini menjadikan beras merah sebagai sumber energi yang berkualitas
.

2.    Menggemukan ayam bangkok 

Pada manusia beras merah sering kali digunakan untuk diet atau menguruskan badan. Tetapi mengapa saya berani mengatakan bahwa beras  merah dapat menggemukan badan?? Jawabanya adalah porsi dan penyajianya. Jika manusia menggunakan beras merah untuk diet mereka akan memasaknya dan mengatur  porsinya. Sedangkan jika pada ayam kita menyajikanya secara mentah, sehingga ayam ayam dapat memakan lebih banyak. Dan sistem pencernaan ayam juga membantu pada proses pencernaan yang sifatnya kontinus, ayam bisa menyimpan makanan di tembolok dan mencerna makanan lain yang lebih dulu ada memlalui tembolok menuju organ pencernaan yang selanjutnya. Intinya, jika ingin menggemukan ayam dengan beras merah harus konsisten dalam melakukan pemberian sesuai jadwal, jangan sampai telihnya kosong. Pemberian air yang cukup juga berperan penting untuk proses pencernaan.

Penggemukan dengan beras merah jauh lebih baik dari pakan pokok lainya karna selain gemuk, ayam menjadi lebih padan dan ototnya lebih berserat.

3.    Menjaga kesehatan pencernaan ayam

Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi tentu akan menyehatkan pencernaan sehingga akan  menghindari permasalahan kesehatan yang berhubungan dengan pencernaan yang dapat muncul di kemudian hari. Serat ini sangat baik untuk usus dan juga membantu metabolisme tubuh.

4.    Menguatkan tulang ayam aduan

Beras merah mengandung vitamin d dan kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang ayam aduan. Selain kedua nutrisi tersebu, beras merah juga mengandung magnesium. Satu cangkir beras merah mengandung sekitar 21 % magnesium dari kebutuhan harian .  Magnesium adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk membangun tulang dan mencegah kekurangan kalsium, nutrisi tersebut berhubungan dengan  kepadatan tulang dan penghambat pengapuran tulang.

5.    Sebagai antioksidan untuk ayam

Beras merah merupakan salah satu sumber yang sangat baik untuk antioksidan, yang utama yaitu antosianin. Zat tersebut terdapat pada lapisan butiran beras yang berwarna merah. Dan lagi kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya sehingga tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit akibat radikal bebas.

Demikianlah artikel tentang kandungan dan khasiat beras merah untuk ayam. semoga artikel ini dapan membantu dan bermanfaat untuk para penghobi ayam laga indonesia.



Thanks For Reading... Salam guyub !!!

Post a Comment

0 Comments