7 Manfaat daun sirih untuk ayam laga


Kepopuleran daun sirih sebagai tanaman obat sudah tidak diragukan lagi. banyak khasiat yang bisa kita dapat dari tanaman ajaib yang dalam bahasa latin disebut piper battle ini. Mulai dari obat penyakit dala maupun penyakit luar, penyakit parah maupun penyakit ringan semua nya bisa disembuhkan dengan tanaman obat ini. Umumynya penyakit yang sering disembuhkan dengan obat herbal ini antara lain berbagai penyakit mulut, bronchitis, obat diare, batuk, mimisan, paru – paru, gatal – gatal, bau badan dll. Semua itu karna kandungan daun sirih yang sangat kaya zat yang berkhasiat seperti minyak astiri, kavikol, gula, seskuiterpen, zat samak, pati dan juga betlephenol. Baru baru ini, ternyata daun sirih juga memiliki kegunaan untuk ternak ayam aduan walaupun kebanyakan sekarang digunakan untuk ternak ayam kampung dan sudah banyak peternak yang tahu akan hal ini.
manfaat daun sirih untuk ayam

Manfaat daun sirih untuk ayam

Baca Juga Artikel : 

Berikut kegunaan daun sirih menurut pengalaman para peternak tersebut:

  1. Antiseptik dan Antibiotik ayam

Daun sirih sebagai antiseptik dan antibiotik artinya daun sirih bisa digunakan utuk menghindarkan ayam dari penyakit dan daun ini juga bisa digunakan untuk mencegah infeksi luka pada ayam aduan.

  1. Memperpanjang nafas Ayam

Daun sirih yang muda berguna untuk memperpanjang nafas ayam aduan. Cara nya cukup tumbuk daun sirih, lolohkan pada ayam. Berikan secara rutin 2 hari sekali.

  1. Penyumbat pendarahan ayam

Daun sirih sering digunakan untuk mengobati luka/pendarahan pada ayam yang terkena masalah akibat bertarung, kanibalisme, maupun akibat luka di dalam kandang.

  1. Pestisida kandang alami

Daun sirih dijadikan sebagai pestisida atau obat semprot kandang yang biasanya dicampur dengan obat lain. Penyeprotan dilakukan di tempat dalam Kandang ayam agar bebas dari hama penghisap seperti nyamuk.

  1. Penghilang bau Kandang

Daun sirih pada dasarnya tidak begitu ampuh dalam menghilangkan bau kandang akibat kotoran ayam, namun fungsi memperlancar pencernaan dan membunuh bakteri  dapat bermanfaat untuk menghilangkan benih – benih penyakit..

  1. Pakan Organik ayam

Dengan menggunakan sistem organik, daun sirih juga dapat pula diberikan kepada ayam sebagai makanan tambahan.

  1. Mencegah Ngorok Ayam

Daun sirih juga dapat mengobati ngorok pada ayam. Cara nya cukup dengan memberikan air rebusan daun sirih yang dicampur jeruk nipis dengan air hangat pada ayam yang ngorok selama 1 bulan. cara ini sudah teruji secara empiris oleh para peternak.

Demikianlah fungsi daun sirih untuk ayam, semoga bermanfaat. 

Thanks For Reading... Salam Guyub!!!
Copas : Jawara Bangkok Lampung


Post a Comment

0 Comments