Manfaat cacing tanah untuk ayam bangkok


Cacing tanah bukan lah suatu hewan yang asing di telinga kita. Hewan yang menurut sebagian orang menjijikan ini ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh contohnya pada manusia cacing digunakan sebagai bahan untuk obat penyakit typus. Sesuai dengan tema blog ini kita tidak membahas manfaat cacing tanah untuk manusia, melainkan ayam adu. Untuk sebagian botoh mungkin sudah mengetahui manfaat cacing tanah ini untuk ayam aduan. Namun untuk yang belum mengetahuinya silahkan simak artikel yang saya buat ini tentang manfaat cacing tanah untuk ayam aduan.

 

manfaat cacing untuk ayam


Manfaat Cacing Tanah Untuk Ayam Aduan

Cacing tanah sejatinya memanglah makan alami untuk unggas yang satu ini. Tentu kalian sering melihat di televisi atau film kartun yang menampilkan ayam yang mematuk tanah untuk mencari cacing bukan !?.  Cacing tanah ini memiliki banyak manfaat bagi ayam adu karna pada tubuh cacing tanah mengandung zat zat yang dibutuhkan ayam sebagai petarung.  Zat – zat tersebut diantaranya Protein 68%, Amino, Asam glutamat , Treonin, Lisin, enzim lumbrokinase,  dan  Glycine. Namun, Apasaja sih manfaat zat – zat tersebut untuk ayam bangkok aduan…??? Yuukkk disimak..!!


Baca Juga Artikel : 

Bukan cuma membasmi cacing, berikut manfaat lain tembakau untuk ayam adu

6 point memilih ayam aduan tangguh

Manfaat gula merah dan tomat untuk ayam bangkok

8 manfaat daging kambing untuk ayam laga

Inilah Nama Tehnik Tarung Ayam Aduan Yang Paling Banyak Dicari 


7 Manfaat Cacing Untuk Ayam Laga

Meningkatkan Otot ayam

Seperti yang telah dijelaskan di atas, cacing memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sebesar 76% dan asam amino 17%. Mungkin semua orang sering melihat, zat tersebut sering  terpampang di produk pembentuk otot yang ada di pusat kebugaran/ gym. Baik protein maupun asam amino berkontibusi untuk pembentukan otot dengan tepat.

 

Makanan kesehatan/antibiotik

Beberapa penelitian membuktikan adanya daya antibakteri dariprotein hasil ekstrasi cacing tanah yang dapat menghambat pertumbuhan bakterigram negatif Escherichia coli, Shigella dysenterica, Staphylococcus aureus danSalmonella thypii.

 

Menambah nafsu makan

Cacing tanah tenyata juga dapat meningkatkan nafsu makan untuk ayam. Sangat bermanfaat untuk para botoh yang tengah dipusingkan dengan ayam yang susah makan atau kurus.

 

Obat Diare ayam

Diare atau mencret memang sering terjadi pada ayam, yang salah satunya disebabkan kondisi kandang yang tidak bersih sehingga virus/bakteri yang ada di lingkungan tempat tinggal ayam masuk ke dalam tubuh ayam tersebut. Manfaat ini adalah hasil dari Sifat protein cacing tanah yang memiliki kandungan antibakteri bagi bakteri E.Coli dan shigella yang  menjadi penyebab diare/mencret pada ayam bangkok aduan.

 

Melancarkan Peredaran Darah

Cacing tanah memiliki kandungan enzim lumbrokinase  yang mampu untuk menghancurkan lemak jahat yang menyumbat di system sirkulasi darah Sehingga sistem peredaran darah ayam akan menjadi lebih lancar.

 

Melancarkan pencernaan ayam

Kandungan enzim, seluosa, dan katalisator yang di butuhkan tubuh untuk proses metabolisme banyak terdapat di dalam tubuh cacing tanah, yang juga bermanfaat untuk proses pencernaan.

 

Tata Cara Pemberian Cacing Tanah Untuk Ayam Aduan

Tidaka ada aturan khusus dalam memberikan asupan makanan seperti cacing tanah ini. Berikanlah secukupnya jangan terlalu banyak.

Untuk cara pemberianya, cukup bersihkan tanah yang ada di tubuh cacing dan cuci bersih cacing tersebut. Yang lebih baik lagi, bisa kumpulkan sebanyak – banyaknya cacing tanah bersihkan lalu disangrai/ oven/ jemur. Jika sudah benar – benar kering, cacing tersebut bisa ditumbuk hingga halus dan diberikan sebagai campuran makanan pokok seperti nasi ataupun jagung.

 

Untuk mencari cacing tanah, carilah di bawah pohon yang memiliki tanah subur yang ditandai banyak kotoran cacingnya. Kemudian siramlah tanah tersebut dengan air ditergen atau garam. Tunggu hingga cacing – cacing tersebut keluar kepermukaan tanah.

 

Demikianlah artikel tentang Mafaat cacing tanah untuk ayam laga,. Semoga dapat bermanfaat bagi para dulur sehobi sekalian.

NB : Cacing yang terbaik adalah cacing jenis Lumbricus Rubellus yang banyak telah banyak dibudidayakan pada saat ini.

 

 

 

Thanks For Reading… Salam Guyub !!

 

 

Post a Comment

0 Comments