8 manfaat daging kambing untuk ayam laga


Daging kambing adalah asupan yang paling sering diberikan oleh para botoh untuk merawat ayam aduanya.  Daging ini memiliki manfaat yang sangat banyak untuk meningkatkan kualitas dari ayam aduan yang dirawat. Apakah itu segi fisik, kesehatan ataupun mentalnya. Menurut  situs pengawas makanan amerika, USDA, setiap 100 gram daging kambing mengandung 27 gram protein, 143 kkal kalori, lemak cukup rendah sebesar 3 gram, namun kandungan kolesterolnya tinggi sebesar 75 mg. Selain itu, seperti halnya daging sapi, daging kambing mengandung zat besi, vitamin b12, fosfor dan selenium.

khasiat daging kambing untuk ayam

Manfaat daging kambing untuk ayam 

Setelah mengetahui kandungan – kandungan gizi dari daging kambing, apa saja manfaat daging kambing untuk kesehatan ayam aduan kita? Berikut ini pemaparan yang coba saya sajikan secara lengkap.

Baca Juga artikel : 

1.     Sumber energi ayam laga

Daging kambing termasuk memiliki sumber energi yang cukup besar, sumber energi sangat bermanfaat bagi ayam aduan, terlebih jika kita  akan melagakannya. Sumber energi tersebut didapat dari kalori 234kkal, lemak 11gr dan protein 20,2gr  yang ada pada daging kambing per 100gr. Sumber energi tersebut berguna untuk melakukan aktifitas seperti melatih, merawat maupun ketika dijadikan indukan. Kandungan kalori, lemak dan protein juga akan menjaga tubuh tetap fit dan selalu dalam kondisi prima.

2.    Pembentukan otot ayam aduan

Kandungan protein dalam daging kambing  termasuk yang tertinggi sekitar 20,2gr/100gr. Untuk kategori daging, jumlah proteinnya merupakan yang tertinggi  jika dibandingkan di bandingkan dengan hewan – hewan lain. Bukan rahasia para botoh  jika protein merupakan zat yang sangat penting untuk pembentukan otot dan pertumbuhannya pada ayam aduan.

3.    Mencegah dan mengobati penyakit kuning pada ayam

Kandungan zat besi pada daging kambing cukup tinggi, dan  bisa dibilang sudah lebih tinggi dari kandungan zat besi pada telur yang sudah terkenal sejak dulu. Anemia atau penyakit kuning adalah kekurangan sel darah merah yang terjadi karena zat besi dalam tubuh mengalami penurunan. Manfaat daging kambing selanjutnya adalah meningkatkan jumlah sel darah merah (hemoglobin) tersebut. Manmfaat daging kambing ini juga membuat kulit ayam aduan menjadi merah merekah.

4.    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam aduan

Selain berguna untuk mencegah kekurangan sel darah merah, daging kambing juga mampu menguatkan kekebalan tubuh atau imun. Kandungan zat besinya  yang ada pada daging kambing tersebut dapan memmenuhi kebutuhan akan zat besi.

5.    Menjaga sistem saraf ayam aduan

Zat yang baik untuk saraf yaitu vitamin b12. Kandungannya 4.4 mcg atau 74% dari kebutuhan harian per 100 gr konsumsi. Bisa anda bayangkan betapa besarnya manfaat  vitamin b12 dari daging kambing yang akan sangat baik untuk sistem saraf.

6.    Menjaga kesehatan kulit ayam aduan

Manfaat lainya dari b12 pada daging kambing selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Daging kambing tidak hanya mengandung vitamin b, kolin, dan selenium saja, tetapi daging tersebut juga mengandung vitamin b12 cukup tinggi.

7.    Meningkatkan mental ayam bangkok

Masih terkait dengan kandungan vitamin b12, selain untuk menjaga syaraf dan fungsi utamanya untuk mengubah energi. Vitamin b12 dalam kambing ini juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Kandungan vitamin b12, sangatlah baik untuk menenangkan pikiran dan mengatasi stres/depresi. Sedangkan omega 3 bermanfaat untuk  mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat/otak khususnya pada saat perkembangan.

8.    Meningkatkan kepadatan tulang ayam aduan

Manfaat daging kambing yang ke 10 adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan phosphorus(fosfor) sebesar  272 mg dalam 100 gr daging kambing atau 27% kebutuhan. Zat ini merupakan salah satu dari zat yang dapat menjaga kekuatan  tulang ayam aduan begitu juga dengan kesehatannya.

Tips konsumsi daging kambing untuk ayam aduan

Mesikpun memiliki manfaat yang sangat banyak, tetapi dalam melakukan pemberiannya harus dibatasi dengan konsumsi kambing maksimal 1 minggu 1 kali. Dalam  satu pemberian usahakan tidak lebih dari 100gr.

Demikanlah artikel tentang khasiat daging kambing untuk ayam yang bisa kami sampaikan pada artikel ini, semoga artikel ini dapat membantu para penghobi sekalian dalam memperbanyak informasi tentang ayam adu.

Thanks For Reading... Salam Guyub !!!

Post a Comment

0 Comments