Manfaat Telur Puyuh Untuk Ayam Bangkok

Ayam Laga Indonesia

Manfaat Telur Puyuh Untuk Ayam Bangkok

        Telur puyuh adalah telur yang berasal dari salah satu unggas, yaitu burung puyuh. Telur burung puyuh adalah telur yang juga sering dikonsumsi, berbeda dengan telur unggas lain seperti telur ayam, telur bebek yang biasa dikonsumsi.. telur burung puyuh memiliki ukuran yang lebih kecil . Selain ukurannya, cangkangnya pun memiliki warnya yang berbeda, yaitu krem dengan bercak cokelat dan hitam.

        Satu butir telur puyuh memiliki berat berkisar 10 – 12 gr saja namun dengan ukuran yang sekiecil itu telur ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Telur dari burung puyuh ini kaya akan mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh ayam adu yang kita miliki. Kandungan gizi pada telur puyuh memiliki  kelebihanyang baik jika dibandingkan dengan telur ayam maupun bebek.

        Ukuran bukan soal, telur puyuh ini kaya nutrisi dalam satu porsi telur puyuh terdiri dari 4–5 butir telur. Berikut ini perkiraan kandungan nutrisitelur puyuh satu porsi telur :

  • Kalori: 75 kalori
  • Lemak: 5,5 g
  • Protein: 6,5 g
  • Sodium: 25 miligram
  • Kalsium: 8 miligram
  • Kalium: 110 miligram
  • Kolin: 30 miligram

        Selain kandungan yang disebutkan di atas, telur puyuh ternyata juga kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan  membantu meregenarasi sel-sel tubuh ayam bangkok yang rusak.

Baca Juga Artikel : 

Manfaat Gabah Untuk Ayam Aduan

Terbantahkan !! Mitos Ayam Jengger Sumber 

Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan Ayam

Selain Membasmi Cacing, Ini Manfaat Tembakau Untuk Ayam 

Jangan Salah !! Ini Ciri Mata Ayam Aduan Terbaik

        Telur burung puyuh memiliki kandungan yang sangat baik untuk ayam aduan dalam membentuk fisik agar ayam dapat bertarung dengan baik di arena sabung. Dari informasi yang dihimpun tentang manfaat telur puyuh untuk ayam bangkok adalah sebagai berikut :

Manfaat Pemberian Telur Puyuh Untuk Ayam Bangkok 

1. Sumber Energi Ayam Adu

        Dalam setiap 100 gr telur puyuh memberikan 168 kalori untuk dijadikan energy ayam bergerak. Jumlah kalori banyak sedikitnya diperlukan sesuai dengan kebutuhan ayam tersebut ayam aduan baik dalam latih atau tarung. Menambahkan telur burung puyuh pada pakan ayam bangkok dapat memenuhi kebutuhan energy ayam aduan dengan porposional.

2.  Membentuk Otot Ayam

        Kandungan protein dalam telur burung puyuh tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan telur ayam biasa. Kandungan protein yang tinggi akan memberikan energi pada ayam aduan. Selain itu, protein pada telur burung puyuh juga membantu memregenerasi jaringan otot yang yang rusak pada tubuh ayam hasil dari latih fisik dan membentuk ototnya.

3.Rendah Lemak/Kolesterol

        Telur burung puyuh adalah telur yang memiliki lemak dan kadar kolesterol yang lebih sedikt jika dibandingkan dengan telur unggas lain yang sering di konsumsi, yaitu telur bebek dan telur ayam. ini akan berguna menghindarkan ayam kelebihan bobot lebih baik namun tetap harus memperharikan porsi nya dan latihanya.

Tips: Dalam meberikan telur puyuh sebaiknya diberikan dalam keadaan matang, karna akan lebi mudah pemberiannya, cukup dilolohkan. selain itu akan menghindarkan dari bakteri seperti salmonella.

Demikian Artikel tentang " Manfaat Telur Puyuh Bagi Ayam Aduan " yang baisa kami sampaika. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para penghobi sekalian. akhir kata…….

 

Terimakasih… Salam guyub !!

Post a Comment

0 Comments