6 Manfaat Keong Mas Untuk Ayam

Kita semua tau, keong emas adalah hama untuk para petani di persawahan. Keong mas merugikan karna dapat menurunkan jumlah hasil panen hampir 50% lebih. Keong mas memiliki rentang hidup 2 – lima tahun. Namun populasinya dapat meningkat pesat karna siklus berkembang biak hewan ini hanya 14 hari sebelum menetas. Oleh karna itu, perlu dilakukan pengendalian hama yang intensif untuk mengimbangi perkembangan keong mas karna  bisa jadi keong mas akan sangat merugikan hasil panen padi.
Khasiat Keong Mas Untuk Ayam


Fungsi Keong Mas Untuk Ayam adu

Namun, meski dicap sebagai hama yang sangat menggangu, ternya keong mas memiliki manfaat yang besar jika dikonsumsi. Keong mas sangat potensial untuk digunakan sebagai pakan ternak. Berbagai penelitian dilaporkan bahwa kandungan gizi keong mas cukup tinggi. Tepung daging keong mas mengandung protein, Kalsium (Ca) yang sangat tinggi yang seangat berguna untuk pertumbuhan. Selain itu juga Keong mas diperkaya Vitamin A, E , Zat Besi dan asam Folat yang cukup tinggi.

Baca Juga Artikel : 

Manfaat Keong Mas Untuk Ayam Bangkok


1.     Mempercepat pertumbuhan ayam

seperti yang dijelaskan diatas bahwa hewan bercangkang satu ini memiliki kandungan protein dan kalsium yang sangat penting bagi pertumbuhan bagi yang mengkonsumsinya, tak terkecuali pada ayam bangkok.

2.    Memerahkan tubuh ayam aduan

Zat besi adalah kandungan yang sangat berguna dalam pembentukan sel darah merah.  Zat tersebut juga banyak terkandung pada keong mas.  Asam folat, yang juga dikenal sebagai Vitamin B9, membantu dalam produksi sel darah merah. Penurunan signifikan asam folat dapat mengarah pada anemia, atau juga penyakit kuning pada ayam. 

3.    Obat penyakit kuning ayam

Berdasarkan manfaat keong mas diatas tentu ini sejalan dalam pemulihan penyakit kuning atau penyakit Anemia pada ayam. Jika biasanya kita menggunakan tomat dan gula merah dalam penyembuhan penyakit ini maka ada cara lain yang sangat direkomendasikan yaitu dengan pemberian daging keong mas. Selain Zat besi dan Asam folat Kandungan  Vitamin A pada keong mas akan mendukung  perkembangan sel punca yang nantinya  menjadi sel darah merah di dalam sumsum tulang dengan memastikan sel-sel darah merah yang sedang berkembang cukup mendapatkan zat besi yang diperlukan dalam memproduksi hemoglobin.

4.    Meningkatkan kekebalan tubuh ayam

vitamin A berguna untuk mempertahankan lendir dan elastisitas pada permukaan kulit dan mencegah penyakit yang mungkin dapat masuk. Kemudian juga kandungan omega 9 pada keong mas mendukung fungsi kekebalan tubuh

5.    Mempercepat penyembuhan luka ayam

Vitamin E berfungsi untuk meregenerasi sel – sel yang mati dan omega 3 sebagai anti inflamasi berguna untuk meredakan rasa sakit dan dan radangnya.

6.    Memperkuat dan Mengilaukan bulu ayam

omega 3 juga sangat baik untuk bulu seperti meningkatkan elastisitasnya, membantu pertumbuhan bulu, meningkatkan kekuatan dan ketebalan, mencegah kerontokoan pada bulu ayam kesayangan anda.

Berdasarkan pemaparan diatas tentang manfaat keong mas anda mungkin tertarik untuk maggunakannya sebagai pakan alternative ayam anda ataupun untuk hewan ternak yang lain seperti sapi, bebek, kambing dsb. Penggunaan keong mas sebagai pakan ternak, disamping potensi gizi yang dukup baik,kita juga bisa berperan dalam membantu mengendalikan hama keong mas di lahan sawah padi.
Untuk pemberian pada ayam cukup pisahkan keong pada cangkangnya, lolohkan pada ayam. Namun cara ini akan merepotkan jika kita ingin melakukan pemberian keong mas tiap hari. Untuk mempermudah pemberian gizi dari keong mas ini, kita bisa megolah keong mas menjadi tepung sehinga kita dapat mudah melakukan pemberian setiap saat tanpa harus bolak – balik ke sawah, hhhe.
Caranya keong mas dikumpulkan dari lahan sawah, kemudian keong utuh direbus 15—20 menit, dilanjutkan dengan penumbukan hingga cangkang pecah atau bisa juga pisahkan isi dari cangkangnya kemudian diris tipis jika tidak ingin cangkangnya, lalu dijemur di bawah sinar matahari hingga kering anda bisa juga menggunakan oven untuk mempercepat pengeringan. Setelah kering, tumbukan digiling hingga terbentuk tepung dan siap dicampurkan bahan lain sebagai pakan ternak.

Demikian artikel tentang manfaat Keong mas untuk ayam adukesayangan anda. Akhir kata saya mohon maaf jika ada kesalahan pada penulisan artikel ini. Kritik dan saran sangat berguna untuk menyempurnakan artikel ini.

Thanks For Reading !!! 
Copas : Jawara Bangkok Lampung


Post a Comment

0 Comments