7 Manfaat kacang hijau untuk ayam laga


Kacang hijau, adalah salah satu pakan pokok yang yang yang terbaik yang bisa diberikan pada ayam aduan kesayangan kita. Namun, bahan makanan pokok ini sangat jarang ditemui pada kios –  kios makanan unggas. Bukan khasiatnya yang diragukan, akan tetapi harganya yang tergolong mahal diantara makanan pokok lainya seperti beras merah, jagung, dan gabah. Ada beberapa keunggulan kacang hijau dari pakan pokok seperti gabah, jagung dan beras merah. Diantaranya kandungan protein, kalsium, fosfor, zat besi dan serat yang lebih tinggi.

khasiat kacang hijau untuk ayam


Fungsi kacang hijau untuk ayam

Kandungan kacang hijau 100gr :
·              Energi 345 kal
·              Protein 22,2 g v
·              Lemak 1,2 g
·              Karbohidrat 62,9 g
·              Serat 4,1 g v
·              Kalsium 125 mg v
·              Fosfor (320) mg v
·              Besi 6,7 mg v
·              Vitamin A 157 IU
·              Vitamin B1 0,64 mg
·              Vitamin C 6 mg
·              Air 10 g

Namun, apa saja manfaat penggunaan kacang hijau sebagai pakan pokok pada ayam aduan. Mari kita simak pemaparan yang saya buat, sebagai berikut :

Baca Juga Artikel : 

  1. Sumber energi ayam aduan

kacang hijau memiliki karbohidrat sebesar  62,9 gr/100gr, protein 22,2 gr/100gr dan menghasilkan energi sebanyak 345 kal.

  1. Menyehatkan jantung si ayam

Kandungan lemak tak jenuh dalam kacang hijau aman untuk di konsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Karena lemaknya merupakan lemak tak jenuh, bagi ayam yang kegemukan kacang hijau sangat baik.

  1. Menjaga berat badan ayam

Beberapa peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi kacang hijau meningkatkan cholecystokinin, hormon yang dapat membuat seseorang mudah merasa kenyang . Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung kadar protein dan serat yang tinggi. Serat-serat yang dimiliki kacang hijau dapat bermanfaat membantu pencernaan selain itu juga sebagai pelapis usus agar ayam tidak mengalami kerusakan pada saluran cerna .

  1. Menguatkan tulang dan otot ayam

kandungan gizi seperti kalsium, fosfor, zat besi,  dan protein yang lebih tinggi dari pakan pokok yang lain tentu akan lebih mempercepat pertumbuhan tulang dan ototnya secara baik.

  1. Meningkatkan bobot pukul ayam

Dengan meningkatnya kualitas tulang dan otot dapat menghasilkan bobot pukulan yang lebih besar. Otot yang besar dan tulang yang kuat akan meningkatkan kekuatan pukulan ayam aduan.

  1. Meningkatkan daya tahan pukulan ayam

volume yang otot dan tulang yang berisi akan meningkatkan ketahanan tubuh ayam terhadap pukulan.

  1. Membersihkan tubuh ayam dari racun

Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung protein, tannin dan flavonoid yang efektif untuk membersihkan pestisida dan metal berat seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

Demikianlah info yang bisa saya berikan tentang manfaat kacang hijabagi ayam aduan kesayangan anda.

Semoga bermanfaat, T-e-r-i-m-a-k-a-s-i-h…!!!

Salam Guyub !!!
Copas : Jawara Bangkok Lampung



Post a Comment

0 Comments