Manfaat dan Cara Menggunakan Kemin Untuk Ayam


Manfaat Kemin Untuk Ayam Adu

Bagi Para Penghobi Ayam Laga, merawat dan menjaga kesehatan  kulit dan bulu ayam adalah hal yang penting selain meningkatkan kekuatan fisik ayam laga. Di negeri asal ayam laga yaitu Thailand, untuk merawat dan menjaga kesehatan bulu dan kulit ayam sudah terbiasa menggunakan kemin atau hampir selalu memakai kemin sehingga penggunaan kemin menjadi ciri khas ayam laga import. Ayam yang diberi kemin warna bulunya akan menjadi kekuning kuningan dan kulitnya menjadi tebal dan merah merona. Banyak orang beranggapan kegunaan kemin hanya sampai disitu saja, tetapi ternyata ada banyak manfaat lagi yang bisa didapat dari penggunaan kemin seperti menjaga suhu tubuh ayam, melacarkan peredaran darah ayam dan lainnya.

Kulit pada ayam dan juga unggas lainya relatif tipis jika dibandingkan dengan kulit pada mamalia. Karakteristik kulit pada unggas ditandai dengan tidak adanya kelenjar keringat (glandula sebacea), kecuali pada bagian atas ekor yang terdapat kelenjar minyak yang disebut pygostyle atau preen gland (glandula uropygial) atau juga yang biasa kita sebut centil.

Baca Juga Artikel : 

Fungsi Kulit dan Bulu Ayam

Kulit pada ayam adalah organ untuk melindungi tubuh terhadap organ-organ yang ada di bagian yang lebih dalam secara fisik. Fungsi kulit pada ayam antara lain sebagai berikut.
  • Menjaga Suhu Tubuh, kulit pada ayam kurang lebih sama seperti pada mahluk hidup lainya. Kulit pada ayam melindungi tubuh dari pengaruh temperatur lingkungan, yaitu panas atau dingin.
  • Lapisan Pelindung, Kulit pada ayam juga berfungsi sebagai  perlindung terhadap masuknya mikroorganisme secara langsung ke dalam tubuh. Hal ini karna pada lapisan dalam kulit ayam terdapat lapisan lemak yang mampu mencegah masuknya mikroorganisme.
  • Reseptor, Kulit menjadi penerima pengaruh rangsangan dari luar secara langsung. Hal ini dikarenakan terdapat ujung-ujung syaraf pada kulit.

Sedangkan, bulu pada ayam juga berfungsi sebagai penjaga suhu tubuh (bulu halus n rawis) dan juga kemudi (bulu sayap dan ekor ) baik untuk terbang maupun penyeimbang saat bergerak.
Dari fungsi kulit dan bulu di atas kita mengetahui bahwa merawat kulit pada ayam juga merupakan hal yang penting. Dengan sehatnya kulit dan bulu pada ayam laga yang kita miliki akan meminimalkan penyakit – penyakit yang mungkin menyerang. Oleh karna itu, penggunaan kemin sangat berguna dalam merawat ayam laga kesayangan kita.


Manfaat Kemin Untuk Ayam Laga

Secara singkat dan jelas, kemin memiliki manfaat diantaranya sebagai berikut :
  • Untuk mempertebal kulit ayam
  • Membuat kulit ayam merah
  • Menghindarkan kulit ayam dari gigitan serangga atau mikro organisme
  • Peredaran darah pada ayam menjadi lancar
  • Menyehatkan bulu ayam
  • Menghilangkan kutu pada bulu ayam
  • Mengurangi lemak pada kulit ayam
  • Mengurangi lemak pada bulu halus pada ayam sehingga saat diadu suhu tubuh tidak terlalu panas
Untuk penggunaan kemin ini cukup mudah cukup dioleskan pada  bagian kulit ayam seperti kepala, badan, sayap dalam, paha dan pada bulu halusnya. Pemberian kemin bisa dilakukan seminggu sekali ataupun dua minggu sekali. Ada baiknya sebelum menggunakan kemin ayam dimandikan terlebih dahulu dengan air suhu biasa ataupun dengan air hangat. Dan bila perlu penggunaan kemin juga dipadukan dengan arak gosok. Setelah melakukan penggunaan kemin, ayam dijemur. Usahakan untuk menggunakan kemin ini pada pagi hari yang cerah agar proses penjemuran dengan sinar matahari pagi lebih maksimal.


Demikianlah artikel tentang " Manfaat kemin untuk ayam adu cara penggunaan kemin untuk ayam adu " . Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu para penghobi sekalian dalam merawat ayam aduan kesayanganya.


                                                                                                            Thanks for Reading !!!



Post a Comment

0 Comments