Cara Membuat Ayam Kekar Dengan Tempe

Tempe, adalah salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat agi kesehatan tubuh mahluk hidup termasuk ayam. Kita semua tahu, tempe memang mengadung protein yang sangat tinggi sehingga tempe baik untuk ayam aduan yan sangat memerlukan sumber energi. Namun, bukan hanya itu, tempe memiliki banyak manfaat lain untuk ayam bangkok aduan. Tapi Sebelum mengetahui apa saja manfaat dari tempe, ada baikya kita mengetahui apa saja kadungan dari tempe.

manfaat tempe untuk ayam

manfaat tempe untuk ayam bangkok 

Kandungan Gizi pada Tempe

Tempe adalah hasil olahan dari kacang kedelai yang difermentasikan dengan jamur Rhizopus oligosporus. Menurut penelitian terbaru, kandungan gizi tempe disejajarkan dengan kandungan gizi yang ada pada yogurt. Tempe merupakan sumber protein nabati. Mengandung serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Kandungan antibiotika dan antioksidan di dalamnya dapat menyembuhkan infeksi serta mencegah penyakit degeneratif.

Dalam 100 gram tempe mengandung protein 20,8 gram, lemak 8,8 gram, serat 1,4 gram, kalsium 155 miligram, fosfor 326 miligram, zat besi 4 miligram, vitamin B1 0,19 miligram, karoten 34 mikrogram.

Baca Juga Artikel : 

Alasan Hasil Ternak Ayam Bangkok berukuran Kecil 

6 Manfaat Kunyit Untuk Ayam Aduan Yang Belum Banyak Penghobi Tau !!

Manfaat Asam Jawa dan Gula Merah untuk Nafas Ayam

Menyikapi Penting Atau Tidaknya Susu Untuk Pertumbuhan Ayam 

Terbantahkan !!! Mitos Ayam Aduan Berjengger Sumber

 

Manfaat Tempe Untuk Ayam Bangkok

Nah, setelah kita mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang terdapat pada tempe.Kini saatnya untuk kita mengetahui apa saja manfaat tempe untuk ayam aduan bangkok. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang terkandung pada tempe.

 

Sumber Protein ayam adu

Tempe merupakan sumber protein yang tinggi dengan kandungan sekitar 18 jenis protein dan asam amino yang mudah dicerna tubuh. Sangat cocok untuk mereka yang menjalani membentuk otot pada ayam tanpa membuat ayam kegemukan.

 

Menyehatkan jantung ayam aduan

Menetralkan efek negatif kolesterol jahat karena banyak mengandung lemak tak jenuh majemuk (PUFA), niasin, Omega 3 dan 6 sehingga dapat menyehatkan jantung yang juga pada ayam aduan.

 

Sumber Vitamin ayam aduan

Tempe juga ternyata menjadi sumber vitamin (terutama vitamin B) yang sangat bermanfaat untuk metabolisme sel darah merah, kesehatan kulit dan otot (muscle tone), meningkatkan kekebalan dan fungsi sistem syaraf, meningkatkan hormon pertumbuhan, dan mencegah anemia serta kanker pankeras.

 

Mencegah Anemia/ penyakit kuning pada ayam

Mengkonsumsi tempe dapat mencegah anemia atau penyakit kuning yang biasa ditemui pada ayam, karena didalamya terdapat kandungan berbagai mineral yang tinggi dan mudah diserap darah sekaligus mencegah osteoporosis.

 

Menyehatkan pencernaan ayam

Sebagai zat antibiotik dan antibakteri pencegah infeksi bakteri E. coli penyebab diare dan kolera sehingga pencernaan ayam memjadi sehat. Selain itu didukung dengan kandungan serat tinggi.

 

Mengatasi racun ringan pada ayam

Sebagai zat penawar antidotum atau anti keracunan logam berat (sianida) karena mengandung ion-ion positif seperti halnya pada putih telur dan susu.

 

Semoga artikel yang tertuang ini bisa bermanfaat bagi sesama penghobi semua.

 

Thanks for reading… Salam Guyub !!!

Post a Comment

1 Comments