Mengenal Petarung dari Amerika : Ayam Aduan Brasil

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Aduan Brasil – Salah satu ayam yang memiliki syarat sebagai ayam petarung adalah ayam brazil. Ayam aduan ini sejatinya merupakan keturunan ayam shamo yang berasal dari Jepang. Ciri fisik adari ayam ini yang sangat menojol terletak pada kedua kakinya yang berwarna putih dengan sedikit kekuning – kuningan, warna merah merekah, badan yang atletis, tinggi, tegap dan kekar, dan mata dengan sorot yang tajam.

jenis ayam brazil


Ayam Laga dari Brazil

Ayam brazil dikembangbiakkan sebagi ayam petarung oleh warga negara di Amerika Selatan, khusunya di brazil karna kelebihanya yang yang penting dimiliki oleh ayam petarung. Kelebihan utama dari ayam aduan tersebut ialah mental yang sangat luar biasa tangguhnya. Di brazil sendiri ayam aduan ini tergolong ayam aduan yang sangat populer, namun jika dibandingkan di Negara kita (Indonesia), ayam ini masih belum begitu tenar sebagai ayam aduan dan sangat jarang sekali kita temui di gelanggang karena ada beberapa kekuranga – kekurangan yang dimilikinnya tidak disukai penghobi ayam laga di indonesia. 
 
Baca Juga Artikel : 

a.     Kekurangan ayam aduan brazil :

·   Jika dilihat dari kemampuan bertarungnya, ayam ini lebih lambat jika dibandingkan dengan ayam bangkok maupun birma. Namun dapat dimaklumi karna postu birma. 
·      Jika dilihat dari gaya tarungnya, ayam ini cendrung tidak disukai oleh sebagian besar penghobi ayam di indonesia. Ayam ini cendrung memainkan pertarungan yang monoton dengan kelabananya. 

b.     Kelebihan ayam aduan brazil :

·    Salah satu keunggulan dari Ayam aduan Brasil memiliki posture yang tegap, tinggi kekar dan proporsional atau dengan kata lain Tubuh yang atletis. Fisik yang sedap dipandang inilah yang sedikitnya menarik perhatian para penghobi untuk menjadikan ayam brazil ini sebagai ayam petarung. 
·    Sama seperti ayam Saigon maupun shamo dari jepang, ayam ini memiliki tulang yang besar, kasar dan padat. 
·   meskipun ayam ini kalah dari segi tehnik dan kecepatan dari ayam birma maupun bangkok, namun ayam ini memiliki pukulan yang jauh lebih keras dan berbobot. Ini  adalah keunggulan kedua yang terpenting yang dimiliki ayam brasil.
·        Keunggulan utama yang dimiliki ayam ini sebenarnya sama seperti yang ada pada ayam shamo, yaitu mental tahan lari. Ayam ini memiliki harga diri yang tinggi sehingga lebih memilih mati ditempat daripada harus menyerah dan melarikan diri.

Ayam ini tergolong ayam yang telat panas, sama halnya mesin disel. Pada tahap awal pertarungan ayam ini seperti terlihat penakut dan sangat berhati – hati dalam bertarung. Namun, pada tahap pertengahan ( pada airan 2 -3) ayam ini mulai menujungkan tekad bertarungnya dan mengerahkan kemampuan untuk bertarung. Hal ini bisa bisa termasuk kelebihan atau kelemahan tergantung masing – masing penghobi menyikapinya.

Cara untuk menjadikan ayam brazil sebagai ayam ayam petarung sebaiknya dengan menyilangkanya dengan ayam petarung lain seperti bangkok maupun birma. Hal tersebut diperlukan untuk meniminmkn kelemahan atau menghilangkan kelemahan pada ayam brazil dan medapatkan hasil yang terbaik sebagai ayam petarung.

Namun jika sebagai pengobi yang memiliki ketertarikan pada ayam jenis ini dengan originalitas(keaslian) perlu melakukan pemilihan dan perawatan yang tepat. Pilihlah ayam brasil asli yang berkualitas dan usahakan pilih yang memiliki kecepatan yang lebih  cepat daripada umumnya. Kemudian dalam melatihnya, yang harus diperhatikan adalah jangan menghilangkan keistimewaanya dengan memfokuskan untuk meningkatkan kecepatanya, yang terpenting lakukanlah latihan untuk meningkatkan kualitas fikinya, tingkatkan reflex serta kelenturan ototnya  dan jangan sampai bantat(kegemukan). Lakukan latih renang, kiter, dan latih adu dengan porsi yang cukup.

Demikian artikel tentang ayam laga jenis brazil yang disampaikan pada artikel ini semoga dapat membantu penghobi sekalian dalam menemukan informasi tentang ayam ini.

Thanks For Reading... Semoga bermanfaat..!!!

Post a Comment

0 Comments